Membuat jala ikan

Membuat jala ikan

Langkah-langkah Membuat Jala

Jala adalah benang yang dirajut dengan menggunakan alat sederhana yaitu tingau dan pang, tingau ini bisa dari plastik buatan pabrik juga bisa  dari bambu yang  berfungsi sebagai pemintal benang yang akan dilepas atau dipasangkan dalam proses pembuatan jala sedangkan pang umumnya terbuat dari bambu yang sudah dibelah sesuai ukuran selera sipembuat jala gunanya berfungsi sebagai penentu rapat atau jarangnya sebuah jala.



Belajar membuat jala memang susah-susah gampang tapi asal ada kemauan pasti bisa, memang kelihatan orang lain bikinnya mudah tapi kalau kita belum terbiasa menggunakan alat-alatnya bisa-bisa tidak bentuk jala hasilnya bisa jadi kayak bulu ayam potong yang sudah dikuliti hehe…!! disini kita butuh ketelatenan dan keterampilan tangan.

 Dalam proses pembuatan jala kita harus memakai sistem kerucut dimana semakin kebawah semakin mengembang, ini ditentukan oleh penurangan (turang jala). Disamping memperhatikan turang kita juga mengatur kerapatan jala dengan memperkecil pang, ini dilakukan bersamaan pas bikin tiap-tiap turang.

 Urutan turang per keliling dari awal sampai akhir pembuatan turang  jala yaitu :
1.        Turang 1 dilakukan setelah 3x keliling.
2.        Turang 2 dilakukan setelah5x keliling.
3.       Turang 3 dilakukan setelah 7x keliling.
4.       Turang 4 dilakukan setelah 9x keliling.
5.       Turang 5 dilakukan setelah 11x keliling.
6.       Turang 6 dilakukan setelah 13x keliling.
7.       Turang 7 dilakukan setelah 15x keliling.


Setelah sampai diturang akhir kita tetap melanjutkan terus pembuatan jala sampai benar-benar bentuk jala. Akhir-akhir dari pembuatan jala atau sebelum pemasangan rantai jala beberapa keliling sebelum rantai jala dipasangkan biasanya memakai tanda berjarak yang dinamakan dengan istilah didaerahku mangkandua atau benang dobel yang berfungsi sebagai gantungan rumah kaduik atau tempat ikan terbujur lemas dan tak berkutip.



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top